Thursday, February 14, 2013

              Sejarah Perjuangan Ir Soekarno 

 Ir.Soekarno
Lahir tanggal 6 juni 1901, surabaya
Ir. Soekarno adalah proklamator dan presiden pertama RI (1945-1967), ia lebih dikenal dengan panggilan "Bung Karno". Ia juga dikenal sebagai penggali pancasila yg kemudian menjadi dasar negara RI, ia menyandang 26 gelar doktor kehormatan dari berbagai universitas diseluruh dunia. Mula-mula bung karno menuntut ilmu disekolah desa, inlandsche school (tulung agung) > setelah itu ia masuk Europese lagere school (mojokerto) > kemudian ia diterima di Hogere Burger School (surabaya) > juni 1921 ia melanjutkan ke Technische Hogere school (bandung), setelah ia menyelesaikan kuliahnya (1926) ia terjun sepenuhnya dalam dunia politik. Karena dinilai sebagai tokoh berbahaya oleh gubernur jendral De Jonge, bung karno ditangkap dan dibuang ke Ende, Flores > dipindahkan lagi ke Bengkulu > dipindahkan lagi ke Padang > kemudian dibawa tentara jepang ke Jawa. Dalam sidang BPUPKI (1 Juni 1945), bung karno mengajukan lima konsep dasar negara, setelah mengalami beberapa perubahan kemudian ke lima konsep tersebut dikenal dengan nama PANCASILA.

Tanggal 17 Agustus 1945, Ir. Soekarno atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Tanggal 18 Agustus 1945 Ir. Soekarno diangkat menjadi Presiden Republik Indonesia. Sebagai pemimpin tertinggi, Presiden Soekarno banyak melakukan diplomasi dengan pemimpin-pemimpin tentara Sekutu di Indonesia
Kedatangan tentara Sekutu di Indonesia yang diboncengi NICA membuat Presiden Soekarno berada pada posisi yang sulit. Sekutu yang hanya memperoleh informasi sepihak dari Belanda, mendukung pengembalian Indonesia sebagai jajahan Belanda. Berkat diplomasi Presiden Soekarno dan Bung Hatta, Sekutu yang dipimpin Letjen Christison mau mengakui keberadaan RI. Tanggal 1 Oktober 1945, Letjen Christison menyatakan bahwa kedatangannya tidak akan merebut pemerintahan Republik Indonesia. Kemampuan diplomasi Presiden Soekarno diuji kembali ketika pecah pertempuran di Surabaya tanggal 28 Oktober 1945. Tentara Sekutu di bawah pimpinan Brigjen Mallaby mengakibatkan jatuhnya korban di kedua belah pihak. Untuk menghindari terjadinya korban di kedua belah pihak, Bung Karno mengadakan diplomasi. Berkat diplomasi Bung Karno jatuhnya korban di kedua belah pihak dapat dihindari. Selama Perang Kemerdekaan sampai pengakuan kedaulatan, perjuangan Bung Karno terus berlanjut. Bung Karno tetap memakai cara diplomasi dalam perjuangannya. Hal ini tercermin dari pidato Bung Karno pada suatu rapat umum di Magelang pada tanggal 16 Maret 1946. Beliau menyatakan bahwa ada jalan perjuangan bagi bangsa Indonesia, satu di antaranya jalan diplomasi.

No comments:

Post a Comment